Minggu, 22 Juli 2012

Saat semua tak mungkin diulang kembali


ini sebenernya mau gue share udah lamaaa banget, pas bulan maretan gitulah. tapi baru sempet sekarang...

29 maret 2012. Hujan menangis seiring kepergian beliau. Seakan hujanpun tau dan merasa kehilangan ketika ada satu insan yang berakhlak baik untuk diteladani pergi kesisi-nya. Pukul 16.45 di Rumah Sakit Mintoharjo Angkatan Laut, ketika anak perempuanya (yg ke-3) pulang mengambil anaknya (cucu ke-9) yang ingin sekali ditemui beliau, ketika anak perempuanya yang lain (yg ke-1) bersama cucu pertama beliau dalam perjalanan kerumah sakit, ketika anaknya yang laki lakinya (yg ke-2) sedang berdoa dalam sholatnya, ketika menantu (dari anak pertama) sedang membeli minum ke kantin rumah sakit untuk beliau, ketika cucu ke-2 dan cucu ke-3 sedang menuju perjalan pulang dari sekolah bersama hujan yang turun, ketika istri beliau baru 15 menit yang lalu disuruh beliau untuk istirahat karna telah menjaga beliau semaleman, beliaupun dipanggil oleh-NYA. Tidak ada yang sempat melihat beliau di akhir hidupnya, karna kami semua sedang dalam perjalanan. Sedih memang, namun bibir beliau membuat sebuah lengkunagn  indah membentuk huruf  u yang membuat kita semua mengikhlaskan kepergianya.
Semua kehilangan beliau, karna beliau mempunyai kenangan yang baik pada setiap orangnya. Beliau selalu rindu akan bertemu hari jumat, beliau selalu senang sholat jumat dan pulang beramai ramai teman seangkatanya. Beliau selalu senang ketika mengambil gaji pensiun, karna dapat bertemu dengan teman teman sepenanggunganya ketika beliau masih menjadi kapten, dan saat pulang  beliau tak pernah lupa memberikan sedikit hartanya untuk bersedekah. Beliau selalu mau diajak pergi kepengajian, beliau selalu ingin adzhan meski dilarang oleh istrinya yang bilang kalau suaranya kurang bagus. Beliau selalu ingin mebuat cucunya bahagia, setiap cucunya bertemu denganya selalu ditanya ‘kamu mau apa? Mau main kudakuadaan? yuk, kamu sudah makan? Kalau belum kamu gaboleh berangkat sekolah, sekolah yang rajin ya  itukan bukan untuk mbah itu untuk kamu sendiri, udah sholat belom? Nanti kalo mbah gada siapa yang mau doain mbah?’. Beliau juga selalu ingin membuat orang disekitarnya tertawa dengan cerita atau ceplosan ceplosan  jenakanya. Beliau memang pensiunan, namun beliau tak pernah bisa diam, beliau selalu mau mengerjakan apa yang dia bisa kerjakan, beliau selalu ingin membantu tetangganya yang dalam kesusahan yang di akhir hayatnya banyak yang tetangga yang kehilangan beliau dan beramai ramai membacakan yasin untuknya. Satu yang paling tak pernah kulupakan dari beliau, beliau tak pernah absen minum kopi, merokok dji sam soe  dan membaca Koran.
Aku memang belum pernah merasakan kehilangan yang sangat dalam seperti ini, ini yang pertama dan sangat….. tak bisa walau ku ungkapkan dengan kata kata. Kita tak akan pernah sadar apa yang kita miliki sampai kita meraskan kehilangan. Iya itu benar! Aku sangat sadar itu. Sekarang siapa lagi yang slalu minta dibuatkan kopi? Siapa yang selalu menunggu hari jumat? Siapa yang selalu bertanya padaku ‘sudah makan belom?’ siapa yang selalu aku cium tanganya sebelum berangkat sekolah? Siapa yang selalu menyambutku dengan senang ketika ku pulang sekolah? Siapa yang slalu belum mau tidur ketika semua orang rumah belum tidur atau pulang? siapa yang akan mencuci mobil setiap hari yang sangat disayanginya? Siapa yang akan mengeluarkan kata kata jenakanya? Siapa yang selalu ingin menemani istrinya di toko walau istrinya tak mau? Siapa yang senang bepergi pergian kerumah saudara saudaranya dan cucunya? Siapa yang…siapa yang… terlalu banyak kenangan yang beliau buat. Terlalu banyak untuk dituliskan, bahkan disebutpun akan lelah.
Beliau pergi di umur 72 tahun, bukan umur yang muda lagi. Tapi beliau selalu menanamkan semangat muda kepada anak cucunya, beliau tak mau dianggap orang tua yang tak bisa apa apa, yang hanya bermalas malasan diwaktu tuanya, beliau hanya ingin membahagiakan orang orang disekitarnya dalam keadaan apapun. Aku tak pernah melihat beliau mengeluh dan menangis, namun di beberapa hari sebelum kepergianya beliau menunjukkanya, dan kami tau bahwa ketika dia menangis dan mengeluh itu berarti ada hal yang besar atau rasa sakit yang sangat sakit yang dialaminya.
Dipagi dimana dia pergi dia masih bisa tertawa, masih jenaka, masih membaca Koran, masih menanyakan ‘apakah bapak masih bisa bertemu umar, fai, dzaki, putri, irsyad, hanaan dan 5 cucunya di amerika?’ dijawab anak perempuanya(yg ke-3) ‘bapak ngomong apasih? Ya masihlah asal bapak mau berhenti merokok ya?’. Ketika beliau vakum untuk  merokok, ketika beliau semangat kembali untuk sehat, ketika beliau rindu akan cucu cucunya, beliau sudah terlanjur dipanggil oleh-NYA, yang mana memang tak ada yang bisa memprediksi apa yang telah Allah tuliskan tentang kematianya. Istrinya bersikeras untuk memakamkanya di taman makam bahagia (yang dulu bernama Taman Makam Patriot) karna mengetahui beliau senang bertemu dengan teman lamanya yang juga banyak yang dimakamkan disitu, yang akhirnya juga dimakamkan secara militer.
Ini bukan dimaksudkan untuk menyombongkan kebaikan beliau, ini hanya agar aku bisa tetap mengenang beliau sebagai pribadi yang baik, sebagai teladan yang dapat dicontoh oleh semua orang, tak hanya aku dan keluarga. Dan ini nyata.
Bismillahi rahman nir rohim, ya Allah ampunilah dosa beliau yang baik ini, terimalah beliau disisi-MU dengan baik, masukanlah beliau kedalam surga-MU yang indah, pertemukanlah kami dengan beliau lagi nanti di-SANA, semoga beliau termasuk golongan orang orang yang beriman yaAllah.amin ya robalalamin .Beliau adalah sebaik baiknya kakek yang aku punya:’) semoga tenang ya mbah disana:”)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar